Hujan Es Melanda Sejumlah Wilayah di Malang, Begini Penjelasan BMKG

Home » Berita » Hujan Es Melanda Sejumlah Wilayah di Malang, Begini Penjelasan BMKG
061137600_1490790982-Hujan-Es2

Fenomena hujan es terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Malang Raya, Jawa Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang menyebut fenomena hujan es disebabkan adanya awan Cumulonimbus (CB) yang terbentuk akibat pemanasan terik pada siang hari.

Kepala Stasiun BMKG Malang Anung Suprayitno, Kamis (23/12/2021) mengatakan, awan CB pada tahap matang mengalami pendinginan atau kondensasi ekstrem, sehingga berpotensi turun dalam bentuk partikel es. Hujan es berasal dari awan CB, namun tidak setiap awan CB menimbulkan hujan es.

Hujan es terpantai terjadi di kawasan perumahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang dan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (23/12/2021) sekitar pukul 13.00 WIB. Hujan es terjadi saat hujan deras turun.

Anung menjelaskan, fenomena hujan es bersifat sangat lokal atau berada pada kisaran 5-10 kilometer dan dalam waktu yang singkat. Selain itu, kecil kemungkinan untuk terjadi kembali di tempat yang sama.

Menurutnya, terjadinya cuaca ekstrem pada masa pergantian musim merupakan hal yang wajar. Sehingga, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap fenomena cuaca ekstrem, termasuk dampak yang ditimbulkan.

“Terjadinya cuaca ekstrem adalah hal yang lumrah pada masa pergantian musim hingga musim hujan,” ujarnya.